Berita Rute Alternatif saat KTT ASEAN ke-43 Berlangsung

kurangberkah

 


Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 masih berlangsung hingga 7 September 2023. Acara bertaraf internasional itu memerlukan penanganan khusus untuk lalu lintar agar berjalan lancar.


KEY TAKEAWAYS

KTT ASEAN ke-43 akan berlangsung sampai 7 September 2023 Beberapa ruas jalan akan ditutup demi memperlancar acara


Lewat Surat Edaran Nomor: E-0021/SE/2023, pemerintah menghimbau pelaksanaan bekerja dari rumah bagi perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD di DKI Jakarta. Bagi yang tetap ingin bepergian, disarankan untuk menggunakan transportasi umum seperti MRT, LRT, dan Transjakarta yang tetap beroperasi sepanjang acara berlangsung.


"Perlu diberitahukan bahwa akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas dengan melakukan buka tutup jalan di area venue-venue KTT ASEAN (hotel dan tempat pertemuan tingkat tinggi)," ucap Hari Nugroho, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta dalam keterangannya beberapa waktu lalu.


Terdapat 18 hotel untuk delegasi dan 5 lokasi venue penyelenggaraan kegiatan yakni Istana Negara, Hotel St Regis, Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta Convention Center, dan Taman Plataran GK. Polisi juga akan melakukan rekayasa pada buka tutup jalan secara situasional di sepanjang rute lintasan saat delegasi melintas. Tambahan, polisi juga akan melakukan pentupan ruas jalan pada segmen Jalan Jenderal Sudirman dua arah, yakni dari Patung Pemuda sampai dengan Simpang Susun Semanggi, khusus pada kegiatan Hutan Kota Plataran GBK mulai 18.00 WIB sampai 22.00 WIB yang berlangsung Senin (5/9/2023) dan Selasa (6/9/2023).


Sementara jalur yang direncanakan menjadi rute lintasan ada 29 ruas jalan:


    Jalan Jenderal Sudirman

    Jalan MH Thamrin

    Jalan Gatot Subroto

    Jalan HR Rasuna Said

    Jalan Imam Bonjol

    Jalan HOS Cokroaminoto

    Jalan Galunggung

    Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo

    Jalan KH Mas Mansyur

    Jalan Karet Pasar Baru Timur V

    Jalan Karet Pasar Baru Timur II

    Jalan Karet Pasar Baru Timur III

    Jalan Prof Dr Satrio sisi Barat

    Jalan Kebon Sirih

    Jalan Wahid Hasyim

    Jalan Gerbang Pemuda

    Jalan Pintu Satu Senayan

    Jalan Asia Afrika

    Jalan Sisingamangaraja

    Jalan Pattimura

    Jalan Trunojoyo

    Jalan Gunawarman

    Jalan Majapahit

    Jalan Ir Juanda

    Jalan Veteran III

    Jalan Medan Merdeka Barat

    Lingkar Mega Kuningan

    Jalan Lingkar SCBD

    Jalan Setia Budi Tengah


Baca Juga: dealer mobil daihatsu jepara


Rute Alternatif


Bagi masyarakat yang tetap ingin melakukan perjalanan pada hari kegiatan KTT ASEAN, pihak kepolisian telah mempersiapkan rute alternatif untuk melintas. Rute ini sudah dipersiapkan sejak Sabtu(2/9/2023). Pada Senin dan Selasa, kegiatan berkonsentrasi di JCC dan Taman Plataran GBK, pada Selasa hingga Kamis (5-7/9/2023) kegiatan berlangsung di Hotel Sultan dan Istana Medeka.


JCC dan Taman Plataran GBK

Kegiatan KTT ke-43 ASEAN: JCC

Digelar pada Senin 5 September (09.00&15.00), Selasa 6 September (09.00)


Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dan seterusnya.


Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fahrudin- Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim-dan seterusnya.


Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U turn depan Gandaria City- Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S.Parman-dan seterusnya.


Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S. Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan R.M. Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr. Saharjo-Jalan Prof Dr. Soepomo-Jalan MT. Haryono-dan seterusnya.


Kegiatan KTT ke-43 ASEAN: Taman Plataran GBK

Digelar pada Rabu 6 September (19.00)


Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dan seterusnya.


Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat- Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fahrudin-Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim-dan seterusnya.


Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-Berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S.Parman-dan seterusnya.


Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S.Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan R.M. Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr. Saharjo-Jalan Prof. Dr. Soepomo-Jalan MT Haryono-dan seterusnya.


Kegiatan KTT ke-43 ASEAN: Hotel Sultan – Istana Merdeka

Digelar pada Selasa-Kamis, 5-7 September 2023


Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dan seterusnya.


Lalu lintas dari Utara (Kota Tua) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Suryopranoto-Jalan Balikpapan-Jalan Cideng Timur-Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief- Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim-dan seterusnya.


Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean- Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru- Jalan Arteri Pd. Indah-berputar di U turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S Parman-dan seterusnya.


Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S.Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan R.M. Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr Saharjo-Jalan Prof Dr Soepomo-Jalan MT Haryono-dan seterusnya.

Tags